10 Langkah Pemasaran Online yang Berhasil (Bagian 2)


memasarkan onlineKalau sebelumnya anda sudah menyimak 10 langkah pemasaran online (bagian 1), kini saatnya melanjutkan ke lima langkah pemasaran online selanjutnya. Namun sebelum itu, ada baiknya direview ulanglima langkah pemasaran online bagian pertama yaitu mengenali siapa calon pembeli anda, lalu promosikan produk yang tepat, dilanjutkan dengan mulai ACTION memasarkan untuk mendapatkan traffik, benahi prospek, dan lakukan follow up.


Terjadi diskusi hangat dalam posting tersebut. Seperti pengalaman yang di-sharingkan sagala yang setelah di-follow up selama dua tahun kemudian upgrade ke layanan premium sebuah antivirus. Bagi yang belum menyimak, anda bisa simak posting tersebut.
Dan berikutnya mari kita lanjutkan dengan pembahasan posting kali ini.
Setelah bagian pertama, lanjutan sepuluh langkah pemasaran online yang sudah anda nantikan sebagai berikut.
6. Tes dan Ukur
Ini sempat saya singgung sebelumnya pada posting bagian satu saat menjawab pertanyaan TokoKaosGaul mengenai bagaimana cara meningkatkan konversi, yaitu dengan melakukan tes dan ukur. Tes dan ukur dilakukan di keseluruhan mata rantai penjualan produk anda. Dari landing page, teknik promosi, sampai sistem support. Tes dan ukur ini harus dilakukan beriringan. Tidak bisa hanya separuh saja. Karena anda tidak akan pernah tahu mana yang terbaik jika hanya mengetes dan tidak membandingkan hasilnya.
7. Memperluas jaringan
Sudah baca Banyak Teman Banyak Rejeki? Makin banyak teman, makin luas pergaulan anda. Berarti makin luas juga jaringan yang anda miliki. Dan itu sangat baik karena berarti pula peluang informasi yang anda punya lebih banyak. Lebih banyak pula yang bisa membantu anda.
8. Layani Pelanggan dengan Baik
Pelanggan tentu harus dilayani dengan baik. Untuk itu, anda perlu memiliki sistem pelayanan yang mampu menjamin hal itu. Sebuah sistem dimana setiap pertanyaan atau keluhan dapat terlayani dengan baik. Di sini membuka berbagai jalur komunikasi, seperti via email, via telepon, sangat membantu.
9. Jadwal kerja
Anda juga harus memiliki jadwal kerja yang teratur. Apa saja kegiatan pemasaran online yang harus anda lakukan, besok, lusa, dan seterusnya harus terjadwal dengan baik beserta target-target pencapaiannya. Memiliki jadwal kerja yang teratur akan sangat menentukan terhadap kelancaran pemasaran online yang anda lakukan.
10. Siap Terima Hasil
Setelah berbagai ACTION yang sudah anda lakukan, apapun yang terjadi kemudian, anda harus siap terima hasilnya. Ada saat dimana hasilnya sangat baik, baik, kurang baik, atau sama sekali tidak baik bahkan. Tapi jika anda sudah siap menerima hasil yang anda peroleh, anda akan tetap tersenyum. Anda akan terima itu dengan lapang dada, sembari “tak akan pernah menyerah” jika hasilnya belum sesuai harapan. Sebab anda sudah berkomitmen untuk 100 persen terjun ke bisnis online dan anda yakin suatu saat nanti pasti berhasil.
Melakukan pemasaran online jelas perlu proses. Tidak setiap apa yang anda lakukan dijamin berhasil. Tapi jangan pula menyerah. Karena seperti rekan-rekan yang sudah berhasil di sini, mereka juga melaluinya dengan perjuangan.
Bagi yang belum berhasil, pesan saya:
Lihat kembali impian anda. Tatap dalam-dalam impian anda itu. Dan bertanyalah pada hati anda, apakah anda benar-benar menginginkannya? Jika tidak, lebih baik singkirkan impian itu daripada membuat pusing kepala. :) Tapi jika iya, betul anda serius untuk mendapatkannya, bulatkan tekad dan bangun komitmen untuk meraihnya lewat ACTION-ACTION anda tiap hari. Jika suatu hari nanti, anda dilanda kemalasan melakukan ACTION, coba tatap dalam-dalam kembali pertanyaan tadi: apakah anda benar-benar menginginkannya?
Salam ACTION! (jokosusilo.com)

Advertisement